Minggu, 03 Januari 2010

TENTANG FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

AKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat 15412,
Telepon: (021) 701925, (021) 7491820;
Fax: (021) 7402982
Email: info@uinjkt.ac.id Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya ;
Website: feis.uinjkt.ac.id

Pada awal berdirinya Fakultas, tahun akademik 2000/2001, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) masih berupa Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen di bawah Program Konversi UIN, bersama Program Studi Agribisnis dan Program Studi Teknik Informatika (TI). Saat itu, pengelolaan Program Konversi bekerjasama dengan institut Pertanian Bogor (IPB).
Melalui SK Presiden Nomor 31 tanggal 20 Mei 2002, maka status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Dengan perubahan status tersebut, Program Konversi UIN pun menjelma menjadi dua Fakultas baru, yaitu Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berdiri berdasar SK Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor 068 tahun 2002.
Pada Maret 2005 dilakukan akreditasi untuk Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi. Program Studi Manajemen memperoleh akreditasi “A” sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 026/BAN/PT/ak-IX/ S1/I/2006. Sedangkan Program Studi Akuntansi terakreditasi dengan nilai “B” sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 028/BAN/PT/ak-IX/S1/I/2006.
FEIS pada tahun 2004 membuka program kelas internasional berkerjasama dengan International Islamic University Malaysia (IIUM). Setahun berikutnya, FEIS membuka dua program studi baru sekaligus: Program Studi Hubungan Internasional dan Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.
Sejalan dengan berdirinya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, mulai tahun akademik 2009/2010 Program Studi Hubungan Internasional, bersama dengan Program Studi Pemikiran Politik Islam dan Program Studi Sosiologi Agama dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, bergabung ke dalam fakultas baru tersebut.

Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan
Visi
Visi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) adalah “menjadi Fakultas yang mampu mewujudkan sarjana ekonomi dan ilmu sosial yang profesional, berilmu, beriman dan kreatif dalam rangka mewujudkan masyarakat madani yang demokratis dan bermoral Islam”.

Misi
Misi FEIS adalah “menyelenggarakan pendidikan yang mencakup bidang ekonomi dan ilmu sosial secara utuh khususnya Program Studi Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan yang memberikan landasan moral Islam kepada teori-teori ekonomi dan ilmu sosial modern, di samping mengupayakan integrasi epistemologi keilmuan dalam upaya meningkatkan kualitas keilmuan dan sumber daya manusia di bidang perekonomian dan sosial”.
Memperhatikan visi dan misi di atas, maka FEIS pada satu sisi, secara umum bertujuan “menghasilkan sarjana di bidang Ekonomi dan sosial khususnya Program Studi Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan yang bertakwa, berilmu, memiliki integritas sebagai sarjana pembelajar, profesional dan mampu mengenali, mengamati, membuat penalaran permasalahan, berdasarkan ilmu ekonomi dan bisnis dengan menggabungkan antara teori-teori ilmu ekonomi dan administrasi bisnis modern dan sosial dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan. Lulusannya diharapkan memiliki bekal dasar ilmu pengetahuan untuk melanjutkan pendidikannya serta memiliki pengetahuan umum dan profesi yang cukup untuk memperluas pandangannya, sehingga mampu berperan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang madani, demokratis, dan bermoral Islam”.
Sementara itu, pada sisi lain, secara khusus tujuan Program Studi Akuntansi adalah “menghasilkan sarjana yang profesional dalam bidang akuntansi, dengan tidak meninggalkan nilai-nilai etika keislaman.” Tujuan Program Studi Manajemen adalah “menghasilkan sarjana manajemen yang profesional dan berpegang pada nilai-nilai etika keislaman”. Sedangkan tujuan Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan adalah menghasilkan sarjana ilmu ekonomi dan studi pembangunan yang professional dan berpegang pada nilai-nilai etika keislaman’.

Program Studi dan Kurikulum
Kurikulum yang berlaku di Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen FEIS sejak semester ganjil tahun akademik 2009/2010 adalah penyempurnaan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Sedangkan kurikulum untuk Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan merupakan hasil dari Tim Penyusun Kurikulum program studi tersebut. Berikut ini adalah kurikulum masing-masing program studi.

Selain kewajiban mengikuti mata kuliah dalam kurikulum setiap semester, maka untuk program strata 1 Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, mahasiswa juga diwajibkan mengikuti kegiatan praktikum dalam beberapa bidang atau mata kuliah.
Praktikum-praktikum tersebut diselenggarakan dengan pertimbangan untuk menunjang pemahaman mata kuliah dan juga membekali mahasiswa ketrampilan-ketrampilan dengan latihan praktik yang diharapkan berguna dalam menerapkan ilmu yang telah diperolehnya.

Laboratorium Akuntansi
Praktikum Dasar Akuntansi
a. Tujuan Praktikum Dasar Akuntansi diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa dapat lebih memahami arti dan kegunaan akuntansi serta meningkatkan keterampilan aplikasi.
b. Metode berupa Latihan praktik prinsip, teknik-teknik akuntansi dalam fakta nyata akuntansi yang sebenarnya.
c. Materi yang dipraktikkan mencakup: Daur akuntansi perusahaan; Pencatatan dalam jurnal umum/ harian, buku besar, jurnal penyesuaian; Penyesuaian laporan keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi Indonesia.
2. Praktikum Akuntansi Biaya
a. Tujuan Praktikum akuntansi biaya diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa dapat lebih memahami dan dapat meningkatkan keterampilan menghitung biaya dan analisa untuk perusahaan manufaktur.
b. Metode berupa Latihan praktik menghitung biaya, pembebanan, pencatatan dalam fakta nyata kegiatan akuntansi perusahaan manufaktur.
c. Materi yang dipraktikkan mencakup: Proses akumulasi biaya (Job Order dan Process Cost); Praktik Pencatatan; Pengisian kartu-kartu biaya, jurnal umum, pencatatan ke buku besar; Analisa Variance dan perhitungannya; Penyusunan laporan harga pokok produksi dan job order cost sheet.
3. Praktikum Pemeriksaan Akuntansi
a. Tujuan Praktikum pemeriksaan akuntansi diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa memahami prosedur pemeriksaan akuntansi dan dapat meningkatkan keterampilan di bidang pemeriksaan akuntansi.
b. Metode berupa Latihan praktik secara nyata melakukan prosedur pemeriksaan akuntansi.
c. Materi yang diberikan mencakup: Membuat program pemeriksaan; Membuat prosedur pemeriksaan; Melaksanakan prosedur pemeriksaan antara lain: Verifikasi, cross check, footing, Membuat audit report dan sebagainya.
4. Praktikum Perpajakan
a. Tujuan Praktikum perpajakan diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa memahami dan dapat memiliki keterampilan untuk menyusun, membuat laporan pajak suatu perusahaan.
b. M etode berupa Latihan praktik menyusun dan membuat laporan pajak suatu perusahaan.
c. Materi yang diberikan mencakup: Pengisian SPT PPH Badan; Pengisian SPT PPH Perseorangan; Pengisian SPT PPN.

Laboratorium Manajemen
1. Praktikum Studi Kelayakan Bisnis
a. T ujuan Praktikum Studi Kelayakan diselenggarakan dengan pemikiran bahwa diperlukan latihan-latihan praktik agar mahasiswa lebih mampu memahami Kuliah Studi Kelayakan. Selain itu juga untuk membekali mahasiswa dengan ketrampilan praktis yang mencakup pemahaman menyeluruh akan ilmu manajemen yang dapat diterapkan dalam pekerjaannya di kemudian hari.
b. Metode berupa praktik pembuatan studi kelayakan suatu proyek investasi.
c. Materi yang akan dipraktikkan mencakup: Penyusunan program pembuatan studi kelayakan; Pengumpulan data dan analisis aspek-aspek usaha: pemasaran, pembangunan proyek, produksi, keuangan, organisasi dan manajemen dan aspek lingkungan; Penyusunan laporan studi kelayakan dan Evaluasi usulan investasi.
2. Praktikum Statistika
a. Tujuan Praktikum Statistika I & II diselenggarakan dengan pemikiran untuk membantu mahasiswa agar dapat memahami arti dan kegunaan Statistika.
b. Metode berupa Latihan praktik penggunaan teknik-teknik statistika dalam fakta nyata sehari-hari.
c. M ateri yang akan dipraktikkan meliputi:
1.) Praktikum Statistik I meliputi: Penyajian data (tabel dan grafik); Distribusi frekuensi; Ukuran lokasi/ nilai sentral; Ukuran variasi/ despersi; Ukuran kemencengan dan kerun-cingan; Teori probabilitas dan nilai harapan; Angka indeks.
2.) Praktikum Statistik II meliputi: Distribusi teoris; Distribusi sampling; Penaksiran/ perkiraan dan pengujian hipotesis; Analisis korelasi dan regresi liner sederhana; Pengujian hipotesa dengan program SPSS.
3. Praktikum Manajemen Keuangan
a. Tujuan Praktikum Manajeman Keuangan diselenggarakan dengan pemikiran untuk membantu mahasiswa agar dapat mempelajari mata kuliah Manajemen Keuangan.
b. Metode berupa Latihan penggunaan teori-teori dalam ManajemenKeuangan dalam bentuk pemecahan soal-soal yang disesuaikan dengan fakta nyata sehari-hari.
c. M ateri yang dipraktikan mencakup: Time value of money; Valuation; Financial Ratio analysis; Working capital management; Capital Budgeting; Risk return; Cost of Capital; Capital structure and leverage; Leasing.
4. Praktikum Manajemen Operasional & Produksi
a. T ujuan Praktikum operasional diselenggarakan dengan pemikiran untuk membantu kuliah Manajemen Operasional & Produksi.
b. Metode berupa Latihan penggunaan teori-teori dalam Manajemen Operasional dalam bentuk soal-soal yang disesuaikan dengan fakta nyata sehari-hari.
c. Materi yang dipraktikkan mencakup: Pengambilan Keputusan; Perencanaan Kapasitas; Teori Antrian; Pola Produksi; Perencanaan Lokasi; Perencanaan Layout; Standard kerja; Scheduling; Pengendalian Persediaan; Pengendalian Mutu; Maintenance dan Reliability.

Laboratorium Komputer
1. Praktikum Pengantar Aplikasi Komputer
a. Tujuan Praktikum Aplikasi Komputer diselenggarakan dengan tujuan untuk: Menunjang pemahaman komputer, baik dari segi Hardware maupun Software. Menunjang kegiatan praktikum-praktikum lainnya dan mata kuliah yang memerlukan komputer sebagai alat bantu analisis untuk pengambilan keputusan.
b. Metode berupa Latihan praktik menggunakan personel computer dengan paket program dan yang dirancang sendiri
c. Materi yang dipraktikkan tergantung pada praktikum dan mata kuliah yang memerlukan.
1.) Pengantar Aplikasi komputer: Pengenalan konsep dasar komputer, Internet, Microsoft Windows, Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Pengenalan LAN.
2.) Ekonometrika: Eviews; Microstat / TSP.
3.) Sistem Akuntansi: Flowcharting.
4.) Statistika: SPSS.
5.) Manajemen Operasional: TORA, LSM.
6.) Manajemen Keuangan: Microsoft Excel.
d. Laboratorium Bahasa
1.) Tujuan Laboratorium Bahasa diselenggarakan untuk menunjang misi pendidikan FEIS UIN dalam mempersiapkan mahasiswa memasuki era persaingan bebas. Melengkapi pelaksanaan pendidikan kelas bahasa Inggris dan Arab sebagai pengembangan aspek keterampilan berbahasa secara aktif.
2.) Metode berupa Latihan keterampilan untuk Listening, Speaking, Reading dan Writing dengan menggunakan metode komunikasi interaktif dengan bantuan peralatan audio visual dalam Laboratorium Bahasa sesuai kapasitas.
3.) Materi yang diberikan pada dasarnya merupakan aplikasi, sekaligus pengembangan dari materi kelas reguler dengan penekanan kepada “Interactive Communication Skills” seperti: Integrated Practive; Listening Comprehension; Situational Conversation; Presentation and Public Speaking.
e. Laboratorium Bank Mini
Laboratorium Bank Mini merupakan media aplikasi bagi mahasiswa FEIS untuk mengejawantahkan pengetahuan yang selama ini didapat secara teoritis dalam perkuliahan di kelas. Kegiatan Laboratorium Bank Mini diharapkan dapat membekali dan menambah wawasan bagi mahasiswa di bidang Perbankan Konvensional maupun Perbankan Syariah. Lembaga Keuangan Non-Bank Konvensional maupun Lembaga Keuangan Non Bank Syariah.
Aktifitas utama dalam Laboratorium Bank Mini memfokuskan diri pada pengembangan kegiatan pengajran—khususnya simulasi kegiatan operasional perbankan—dan pelatihan bidang Perbankan dan Lembaga Keuangan Non Bank di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial pada khususnya.

Lembaga Kajian Ekonomi
Kegiatan kampus selain proses belajar dan mengajar, juga meliputi kegiatan penelitian, dan di lingkungan UIN yang berkorelasi dengan FEIS memiliki beberapa lembaga ekonomi.
1. Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPAK)
2. Center for Economic & Enterpreneurship Development (CEED)
Direktur : Prof. Dr. Azzam Jasin, MBA
Pusat Pengkajian & Pengembangan Ekonomi dan Kewirausahaan (Center for Economic & Entrepreneurship Development–CEED) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bertujuan membangun dan mengembangkan kewirausahaan dan ekonomi kerakyatan dengan menerapkan konsep-konsep manajemen mutakhir serta mengintegrasikan potensi teknologi.
Kegiatan lembaga ini meliputi:
a. Latihan dan Konsultasi (Training and Consultations)
b. Penelitian dan Pengembangan/ Studi Kasus (Research and Development/ Case Study).
c. Proyek Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship Development Projects)
3. Research Institute for Finance, Economic and Society (RIFES)
Direktur : Prof. Dr. Abdul Hamid, MS.
Lembaga Penelitian Keuangan, Ekonomi dan Masyarakat (RIFES) didirikan sebagai realisasi tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lembaga Penelitian ini sangat diperlukan sekali seiring dengan keinginan Universitas Islam Negeri (UIN ) menuju Universitas berbasis riset (research university).
Kegiatan lembaga ini meliputi:
a. Program Penelitian mengenai masalah keuangan, ekonomi dan masyarakat.
b. Program Pelatihan bagi lembaga pemerintah maupun swasta.
c. Program seminar baik tingkat nasional maupun internasional berkaitan dengan isu keuangan, ekonomi dan masyarakat.
d. Program konsultansi dan Pendampingan lapangan untuk pembangunan berbasis masyarakat (community development).
e. Program Pengembangan Kelembagaan (Institutional Building).
f. Penerbitan hasil kajian berbentuk, research report, working papers, newsletter, dan social economic outlook.
g. Program Pelayanan Informasi Data berkaitan dengan data-data keuangan, ekonomi dan indikator sosial baik berbentuk hardcopy maupun softcopy.
4. Center for Social Economic Studies (CSES).
Direktur: Pheni Chalid, SF., MA. Ph.D.
Lembaga penelitian yang mengkaji dan mendalami dinamika kehidupan sosial ekonomi lokal, nasional dan global secara objektif dan independen. Program kegiatannya mencakup:
a. Penelitian dan pendidikan.
b. Pengembangan masyarakat.

1 komentar:

  1. Wahhh pak hamid punya blog,, semoga sukses dan makin ramai papk blog nya

    BalasHapus